Wow, WHO Sebut Covid-19 Sudah Bukan Pandemi, Tapi Endemi, di India

Wow, WHO Sebut Covid-19 Sudah Bukan Pandemi, Tapi Endemi, di India

NEW DELHI - World Health Organization (WHO) menyebut covid 19 sudah tidak lagi menjadi pandemi, tetapi masuk ke tahap endemi di India.

Pasalnya, tingkat penularan virus Corona di negara itu sudah cenderung rendah atau sedang.

Tahap endemi dapat terjadi ketika suatu populasi mulai hidup berdampingan dengan penyakit yang mewabah. Dalam hal ini, kasus penularan COVID-19 masih terjadi, namun hanya ada di wilayah tertentu.

\"Kita mungkin akan memasuki tahap endemisitas, di mana ada transmisi tingkat rendah atau tingkat sedang terjadi. Namun, kita tidak melihat jenis pertumbuhan eksponensial dan puncak yang kita lihat beberapa bulan lalu,\" ucap Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Soumya Swaminathan, dikutip dari The Wire.

\"Sejauh ini menyangkut India, tampaknya itulah yang terjadi karena ukuran wilayah India dan heterogenitas populasi serta status kekebalan di berbagai negara bagian,\" katanya.

Swaminathan berahap semua negara dapat masuk ke dalam tahap endemi COVID-19 pada akhir tahun 2022. Menurutnya, tahap ini dapat terjadi jika minimal 70 persen populasi sudah divaksinasi.

Di samping itu, Swaminathan juga mengatakan para orang tua tidak perlu terlalu panik dengan penularan virus Corona di antara anak-anak.

\"Walaupun kemungkinan anak-anak dapat tertular dan menularkan, namun kebanyakan mereka hanya mengalami infeksi ringan dan berisiko kecil meninggal dunia,\" tutur Swaminathan.

Meski demikian, WHO menyarankan setiap rumah sakit untuk menyiapkan pelayanan bagi anak-anak yang terinfeksi virus Corona, seperti menyediakan unit perawatan intensif anak dan pelayanan kesehatan lainnya. (yud/thewire)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: